Categories:

Sejumlah dosen departemen Sosiologi mengikuti Academic Writing Workshop yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial UNP pada hari Kamis tanggal 06 April 2023 di ruang sidang senat UNP. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama FIS UNP dengan Irwan Abdullah Scholar Foundation (IAS Scholar) yang melaksanakan kunjungan ke beberapa kampus di Sumatera. Workshop dengan tema Breaking Barriers: Strategic for sucesful Academic Writing and Publication in International Journal menghadirkan narasumber Prof. Irwan Abdullah sebagai founder yang juga merupakan Guru Besar Antropologi UGM. Kegiatan tersebut Menurut Dekan FIS-UNP, Dr. Siti Fatimah, M.Pd, M.Hum dilakukan dalam rangka memotivasi kemampuan menulis di jurnal Internasional di kalangan dosen FIS-UNP.

Beberapa Dosen Departemen Sosiologi Mengikuti Academic Wiriting Workshop

Kegiatan Academic Writing Workshop diikuti oleh dosen departemen sosiologi terutama yang berlatar belakang keilmuan antropologi dan sosiologi serta beberapa dosen dari dalam dan luar UNP dengan total peserta 80 orang. Di dalam kegiatan tersebut diberikan kiat menyederhanakan penulisan karya tulis ilmiah melalui jurnal scopus. Diantara contoh yang dijelaskan adalah 1) pemilihan judul terdiri dari aspek objek formal, ditambah obyek material dan konteks. 2) Judul hendaknya bersifat solutif. 3) bersifat global knowledge, 4) cara simple, 5) tema terbaru, 6) diminati oleh jurnal yang dituju. Selain itu jawaban yang hendak ditemukan dalam penulisan hendaklah mengemukakn bukti formal yang bersifat obyek formal (bersifat dimensi, leveling, dan tahapan). Lebih lanjut, menurut Prof. Irwan secara keseluruhan penulisan jurnal scopus hendaknya menulis sebanyak 33 paragraf dengan uraian sebagai berikut; introduction (4)+ Literatur Review (6) + Method (5) + Result (9) + Discussion (6) + Conclusion (3) = 33 Paragraph atau 4950 kata. Adapun jumlah pustaka minimal 30 sumber.
Semua dosen mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, dengan harapan akan banyak lahir tulisan tulisan hasil penelitian dosen yang dimuat pada jurnal internasional bereputasi dan menambah jumlah publikasi dosen-dosen di departemen Sosiologi. Bukti kegiatan yang diperoleh dosen adalah setrtifikat sebagai peserta yang dapat juga dijadikan sebagai output kegiatan penunjang dosen.

Pembuat Berita: Muhammad Hidayat, S.Hum., S.Sos., M.A.
Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *