Categories:

Struktur kurikulum berbasis hasil (Outcome Based Education) untuk Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial UNP akhirnya berhasil dirumuskan melalui sidang akhir workshop Kurikulum Berbasis OBE Departemen Sosiologi FIS UNP. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 7 Mei 2024, bertempat di ruang sidang Departemen Sosiologi, lantai 3 gedung B FIS-UNP.
Ada pun tiga hal utama yang dibahas sejak awal Workshop adalah perumusan CPL (Capaian Pembejalaran Lulusan) yang berbasis hasil (outcome), penyusunan struktur batang tubuh sebagai kurikulum inti/wajib, serta rumusan mata kuliah pilihan wajib dan pilihan berbasis OBE.
Sidang akhir perumusan kurikulum Sosiologi FIS UNP berbasis OBE dihadiri oleh jajaran pimpinan Departemen, Dewan Dosen, Tenaga Kependidikan dan Asisten Dosen. Diwarnai dengan curah pikiran dan pendapat dari berbagai perspektif secara konstruktif, sidang akhir dipandu oleh tim kurikulum Departemen Sosiologi yang dikoordinatori oleh Ike Sylvia, M.Si, M.Pd dan diakhiri dengan makan siang bersama yang diliputi suasana kekeluargaan.
Dr. Delmira Syafrini, S.Sos, M.A menyambut baik dan merasa sangat excited terhadap hasil workshop yang ternyata sangat sesuai dengan yang diharapkan bersama. “Akhirnya kita sampai kesepakatan bersama, di mana ditemukan win-win solution, dan kita berhasil memenuhi amanat dan instruksi untuk merevisi kurikulum kita berbasis OBE. Untuk itu saya atas nama Departemen Sosiologi FIS UNP menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi pikiran dan masukan dari segenap Dewan Dosen. Semoga ke depan kita dapat mengaplikasikan kurikulum dengan struktur yang sejatinya tidak banyak berubah dari sebelumnya ini dengan baik,” demikian Dr. Delmira dalam sambutan penutupnya.
Menurut rencana, struktur kurikulum Sosiologi FIS UNP berbasis OBE akan segera diterapkan begitu tahun ajaran 2024/2025 dimulai di semester Juli-Desember 2024.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *