Categories:

PADANG-Rapat Kerja Nasional Asosiasi Prodi Pendidikan Sosiologi Antropologi Indonesia (APPSANTI) yang dilaksanakan oleh Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang, memiliki rangkaian kegiatan yaitu Rapat Kerja Nasional pengurus APPSANTI, Workshop Sinkronisasi Kurikulum, Visiting Lecture dan Visiting School untuk dosen tamu yang hadir.

​Pada kegiatan Visiting School kali ini Departemen Sosiologi UNP bekerja sama dengan salah satu sekolah terbaik yang ada di Kota Padang yaitu SMAN 1 Padang. Dalam rangkaian kegiatannya, kamis, 26 oktober 2023 pukul 12:45 WIB, rombongan dari Departemen Sosiologi UNP dan dosen tamu dari Universitas Pendidikan Ganesha Bali, Irwan Nur, S.Sos., M.Pd. tiba di SMAN 1.
​Rombongan disambut hangat oleh Drs. Syamsul Bahri, M.Pd.I, selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Padang. Setelah bertemu dengan Kepala Sekolah SMAN 1 Padang, pada pukul 13:10 WIB rombongan Visiting School diarahkan oleh Ritagustiani, S.Sos. selaku guru mata pelajaran sosiologi yang juga saat ini menjadi guru model di SMAN 1 Padang, untuk menuju ke ruangan kelas X.E2.
​Irwan Nur, S.Sos., M.Pd. selaku dosen yang mengikuti kegiatan Visiting School APPSANTI, memulai orientasi belajar dengan berkenalan kepada seluruh peserta didik. Beliau memberikan stimulus yang cukup unik dan interaktif, jadi ketika nama peserta didik dipanggil, ia harus mengeluarkan quotes atau kata motivasi untuk menyatakan hadir. “Ujarnya, Hal ini dilakukan agar anak-anak lebih bisa enjoy dalam belajar, terlebih pada jam kritis pada siang hari.”
​Materi yang diajarkan oleh Irwan Nur, S.Sos., M.Pd. untuk peserta didik kelas X.E2 adalah materi dasar sosiologi kelas X yaitu, interaksi sosial. Walau membahas materi dasar, Irwan Nur, S.Sos., M.Pd. mengajarkan materinya dengan sangat interaktif, tidak menggunakan metode ceramah yang membuat seluruh peserta didik aktif di kelas. Selain itu, peserta didik juga antusias memberikan argumentasinya tentang contoh dari interaksi sosial. Peserta didik yang satu dengan yang lainnya, memberikan pendapat yang berbeda sehingga terjadi perdebatan akademik yang menarik, namun Irwan Nur, S.Sos., M.Pd. yang mengajar di kelas tersebut memberikan kesimpulan dan memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah hebat dalam memberikan argumentasinya. Kegiatan ini selesai pada pukul 14:15 WIB, yang ditutup dengan foto bersama rombongan Visiting Lecture dan peserta didik kelas X.E2 SMAN 1 Padang.

Pembuat Berita: Novran Juliandri Bhakti
Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *