Categories:

PADANG – Setelah mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Projek Kepemimpinan II yang dipamerankan, mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi Sosiologi/PPKn melanjutkan perjuangan dengan mengikuti Ujian Seminar PPG Prajabatan yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu Sabtu s.d. Minggu (17-18 Juni 2023) bertempat di Ruang Sidang Departemen Sosiologi.

Ujian Seminar PPG merupakan penghujung dari perkuliahan Seminar PPG sebanyak 1 SKS. Sebelumnya diketahui seminar PPG merupakan mata kuliah inti yang diambil mahasiswa PPG pada semester kedua dengan substansi mata kuliah yaitu mereview semua mata kuliah yang telah diikuti selama PPG dan menuangkannya dalam jurnal refleksi. Mata kuliah tersebut dibimbing oleh 1 orang dosen pembimbing seminar (DPS) untuk 4 orang mahasiswa.

Dewan Penguji Seminar PPG

Dalam pelaksanaan ujian seminar, mahasiswa diuji oleh 3 orang pembimbing yang terdiri dari 1 orang DPS (dosen pembimbing), 1 orang penguji non DPS (dosen bukan pembimbing), dan 1 orang praktisi/ guru penggerak. Mahasiswa peserta ujian mempresentasikan bahan-bahannya di depan dewan penguji dan langsung ditanggapi selama 60 menit waktu ujian. Materi yang diujikan terkait dengan jurnal refleksi, desain inovasi pembelajaran, dan rencana tindak lanjut.

Salah Satu Mahasiswa Mempresentasikan Bahan Seminar

Seluruh mahasiswa hadir dalam pelaksanaan ujian seminar dan difasilitasi dengan baik oleh departemen sosiologi mulai dari manajemen penjadwalan, peserta, penguji, bahan ujian, hingga pengolahan nilai. Secara keseluruhan pelaksanaan Ujian Seminar berjalan dengan baik dan sukses tanpa ada kendala.

Pembuat Berita: Dr. Reno Fernandes, M.Pd.
Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *