Categories:

Sehubungan dengan akan dimulainya perkuliahan Semester 2 Program Profesi Guru (PPG) Pra-Jabatan Gelombang II, Departemen Sosiologi melaksanakan Orientasi Perkuliahan. Kegiatan diadakan pada Kamis, 13 April 2023 secara daring melalui Zoom Meeting. Orientasi merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan sebelum jadwal perkuliahan mulai berjalan setiap semesternya.

Orientasi dihadiri oleh seluruh mahasiswa PPG Pra-Jabatan Gelombang 2 yang berjumlah 46 orang. Mereka terdiri dari 2 rombongan belajar (rombel). Juga turut hadir dosen-dosen PPG dan guru pamong. Pemateri dalam kegiatan adalah Dr. Eka Vidya Putra, M.Si. selaku Koordinator Bidang Studi dan Dr. Reno Fernandes, M.Pd. sebagai Sekretaris Bidang Studi.

Pengantar Orientasi oleh koordinator bidang studi Dr. Eka Vidya Putra, M.Si.

Dalam penjelasannya pemateri menguraikan Mata Kuliah yang akan diikuti oleh mahasiswa pada semester II beserta dosen yang mengampu pada rombel masing-masing. Juga dipaparkan jadwal perkuliahan serta pembagian kelompok pada setiap mata kuliah.

Penjelasan Jadwal Perkuliahan

Ada pun mata kuliah yang diikuti semester ini adalah Pembelajaran Sosial Emosional, Prinsip pengajaran dan Asesmen yang Efektif II, Design Thinking, dan Projek Kepemipinan II. Mahasiswa juga diwajibkan melaksanakan Program Praktek Lapangan (PPL) sebanyak 10 SKS dan ditambah dengan Seminar PPG sebanyak 1 SKS.

Perkuliahan PPG dilaksanakan secara tatap muka di kampus setiap hari Sabtu, dikarenakan mahasiswa melaksanakan PPL pada hari Senin hingga Jumat. Prinsip perkuliahan tetap menggunakan Alur MERDEKA yang sudah diterapkan pada semester sebelumnya dengan tetap memanfaatkan LMS dalam penyiapan bahan perkuliahan dan pengumpulan tugas/proyek.

Pembuat Berita: Mohammad Isa Gautama, S.Pd., M.Si.

Penyunting: Rhavy Ferdyan, S.Pd., M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *