Categories:

PADANG-Departemen Sosiologi berikut Jurnal-jurnal yang dikelola menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan APPSANTI dalam acara Rakernas yang digelar 25 Oktober 2023 lalu. Kegiatan berlangsung saat pembukaan rakernas yang langsung dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNP Afriva Khaidir, SH., M.Hum., MAPA., Ph.D. sekaligus sebagai penandatangan dokumen perjanjian Kerjasama tersebut. Sementara dari pihak APPSANTI ditandatangani oleh Dr. rer. nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum.

Departemen sosiologi dan APPSANTI menuangkan uraian Kerjasama dan membangun komitmen dalam tridharma perguruan tinggi yakni Pendidikan, penelitian, dan pengabdian Masyarakat. Departemen sosiologi dapat melakukan kegiatan atau program bersama APPSANTI khususnya dalam pengembangan pembelajaran sosiologi dan antropologi. Selain itu Kerjasama juga dapat diwujudkan dengan kolaborasi penelitian dan pengabdian Masyarakat bersama program studi Pendidikan sosiologi antropologi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan oleh enam buah jurnal di Departemen Sosiologi, antara lain; Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pembelajaran, Culture & Society: Journal of Anthropological Research, dan Naradidik: Journal of Education & Pedagogy. Kerjasama jurnal-jurnal dengan APPSANTI diharapkan dapat menjadi wadah kolaborasi manajemen jurnal dan publikasi pada semua jurnal. Pertukaran editor, reviewer, bahkan artikel sangat mungkin untuk dilakukan antar jurnal anggota APPSANTI. Secara umum keseluruhan perjanjian Kerjasama yang dilakukan diharapkan dapat menunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) baik bagi Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, dan Universitas Negeri Padang.

Pembuat Berita: Nurlizawati, M.Pd.
Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *