Categories:

Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang mengadakan Workshop selama 2 hari (Jumat dan Sabtu, 27-28 Januari 2023) dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah dan Penelusuran Literatur Bagi Calon Guru Profesional”. Workshop diadakan bagi peserta Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bidang Studi Sosiologi tahun 2022.

Bertempat di Ruang 23306, Gedung B, Fakultas Ilmu Sosial UNP, workshop menghadirkan Haldi Patra, M.Hum sebagai narasumber tunggal. Haldi, yang adalah alumni Jurusan Sejarah UNP dan Pascasarjana Unand sehari-hari merupakan peneliti di Revolt Institute, beberapa karya ilmiahnya sudah dipublikasi di Jurnal Internasional.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta sebagai calon guru profesional agar memiliki kemampuan dalam menulis karya ilmiah serta penelusuran referensi ilmiah. Peserta PPG, sebagaimana diwajibkan, sudah menjalani observasi di sekolah, asistensi mengajar, dan praktik mengajar sehingga data-data yang diperoleh untuk penulisan laporan diharapkan dapat diolah menjadi artikel ilmiah yang memenuhi syarat untuk diterbitkan di jurnal terakreditasi nasional sekaligus sebagai bahan portofolio di Uji Kinerja PPG. Penelusuran literatur juga diharapkan dapat digunakan oleh peserta dalam menyusun bahan ajar dan media pembelajaran. Kegiatan dibuka oleh Koordinator Prodi Sosiologi yang diwakili oleh Ketua Pelaksana, Dr. Reno Fernandes, M.Pd. Ada pun jumlah peserta yang hadir lebih kurang sebanyak 60 orang. Materi Workshop mencakup “Kiat Penulisan Karya Ilmiah”, “Teknik Sitasi”, dan “Metode Penelusuran Literatur Ilmiah”.

Pembuat Berita : Mohammad Isa Gautama, S.Pd., M.Si.
Penyunting : Dr. Eka Vidya Putra, M.Si.
Admin Web : Rhavy Ferdyan, S.Pd., M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *