Categories:

Ringkasan Materi Hefni, M.Pd.-Universitas PGRI Sumatera Barat- Dasar-Dasar Konseptual Penelitian Kuantitatif-Visiting Lecture Day 2.

Penelitian atau research adalah mencari kembali kebenaran secara ilmiah yang dilakukan secara berulang dengan proses penyelidikan yang hati-hati dan sempurna. Makna dari kata penelitian sendiri terdiri dari beberapa komponen diantaranya ada rasa ingin tahu, ada sesuatu/masalah, dan proses/usaha penyelesaian masalah, dan terakhir ada hasil (kebenaran/kesimpulan).

Syarat dalam melakukan penelitian, pertama  sistematis yang artinya penelitian dilaksanakan menurut pola tertentu, dan kompleks, kedua terencana artinya penelitian dilakukan dengan kemauan sendiri tidak karena paksaan dan ada langkah-langkah penelitian, yang terakhir ilmiah penelitihan harus dilakukan dengan menerapkan prinsip ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian yang pertama eksploratif artinya penelitian bertujuan untuk menemukan pengetahuan baru dalam  bidang ilmu tertentu, kedua verifikatif artinya penelitian bertujuan untuk menguji kebenaran sesuatu (pengetahuan/teori) dalam bidang tertentu.

Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan data  numerik dan statistik atau data yang dapat diukur secara kuntitatif dengan tujuan menguji hipotesis dan menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Berbedah dengan penelitian kualitatif yang lebih berfokus pada deskripsi dan interprestasi. Jenis-jenis penelitian, berdasarkan hasil yang ingin dicapai: penelitian dasar (Basic Reasearch), penelitian terapan (Applied Research). Penelitian menurut metode: penelitian survey, penelitian percobaan, penelitian tindakan, penelitian sejarah dll. penelitian menurut tingkat eksplanasi: deskriptif, komparatif, asosiatif. Penelitian menurut jenis data: Kualitatif, kuantitatif, dan gabungan.

Konsep-konsep dasar penelitian yang terdiri dari tiga bagian yakni konsep, konstruk, dan variabel. Konsep terdiri dari dua yakni konsep yang bersifat abstrak dan konsep yang bersifat konkret. Variabel memiliki berbagai jenis diantaranya yakni variabel bebas (X), variabel terikat (Y), Variabel Moderating, variabel intervening (penghubung), variabel kontrol. Jenis-jenis data penelitian, menurut cara memperolehnya: data primer dan data sekunder. Menurut waktu pengumpulannya: data time series dan data cross section. Menurut sifatnya: data kualitatif dan data kuantitatif.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *