Categories:

Universitas Negeri Padang (UNP) membuka Program Studi Ilmu Komunikasi secara resmi berdasarkan SK Rektor Nomor: 1179/UN35/TU2022 pada 12 Desember 2022. Kebijakan pembukaan prodi baru tersebut sesuai dengan mekanisme pembukaan prodi baru di lingkungan PTN-BH UNP dengan memperoleh akreditasi minimal dari BAN PT. “Pembukaan prodi ini berdasarkan kajian yang dilakukan oleh tim penyusunan proposal dan Badan Penjamin Mutu Internal (BPMI) serta bagian perkembangan keilmuan di UNP,” papar Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph. D. “Semua prodi telah mendapatkan akreditasi minimal dari BAN-PT pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 nanti,” tambah beliau.

Surat Keputusan (SK) prodi baru tersebut diserahkan Rektor UNP secara langsung kepada Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Dr. Siti Fatimah, M.Pd, M.Hum pada Minggu, 18 Desember 2022 yang diintegrasikan dengan Upacara Wisuda UNP. Menindaklanjuti penyerahan SK tersebut, Dekan FIS UNP meneruskan estafet prodi S1 Ilmu Komunikasi dengan menyerahkan SK prodi kepada Kepala Departemen Sosiologi Dr. Eka Vidya Putra, S. Sos, M. Si. pada Senin, 26 Desember 2022 di Ruang Pertemuan Dekan FIS UNP. Seremoni tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan FIS, Kepala Departemen, Kepala Bagian Tata Usaha, dan perwakilan dosen dari prodi Ilmu Komunikasi.

Dalam sambutannya, Dekan FIS UNP mengatakan “Hadirnya prodi baru di FIS adalah hasil kerja-kerja bersama yang disiapkan sejak puluhan tahun yang lalu dan perjuangannya telah membuahkan hasil.” Dalam pertemuan tersebut, beliau menegaskan, “Marilah kita bersama-sama bersinergi untuk keberlanjutan prodi baru ini, diminta pada Departemen yang lain untuk terus melakukan kajian untuk membuka prodi lain yang memang layak secara akademis, administratif, dan mendukung pengembangan lembaga ke depan.”

Dengan diresmikannya program studi Ilmu Komunikasi di UNP, maka peluang untuk penerimaan mahasiswa baru pada semester Juli-Desember 2023 telah dibuka. Prodi baru Ilmu Komunikasi di UNP untuk jenjang S1 sudah bisa dipilih calon mahasiswa pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023 ini.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *