Categories:

Peserta PPG Dalam Jabatan Bidang Studi Sosiologi tahun 2023 telah menyelesaikan rangkaian perkuliahan PPG pada 5 Februari lalu, dimana kegiatan terakhir adalah Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Selanjutnya para peserta akan mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG).
Departemen Sosiologi sebagai pelaksana PPG daljab bidang studi sosiologi melakukan sosialisasi terkait UKMPPG pada Kamis (8/2) secara daring melalui zoom virtual meeting. Kegiatan dihadiri oleh seluruh peserta, dosen, dan guru pamong. Hal ini bertujuan agar mengedukasi terlebih dahulu para peserta terkait hal hal yang perlu disiapkan untuk mengikuti UKMPPG lebih awal, meski jadwal pelaksanaan UKMPPG tersebut belum secara resmi dirilis oleh GTK.
Koordinator bidang studi sosiologi Dr. Delmira dalam sambutannya menyampaikan bahwa UKMPPG terdiri dari Uji Kinerja (UKin) dan Uji Pengetahuan (UP). Kita mengharapkan agar peserta memiliki persiapan yang maksimal untuk menghadapi ujian dan lulus secara keseluruhan sehingga berhasil menjadi guru profesional.
Kegiatan ini difasilitasi oleh Dr. Reno Fernandes sebagai narasumber sosialisasi. Dr. Reno dalam presentasinya mengarahkan para peserta untuk memahami mekanisme pelaksanan ujian. Uji kinerja yang akan dilaksanakan mencakup portofolio, perangkat pembelajaran, dan video praktik pembelajaran. Sementara untuk Uji Pengetahuan terdiri dari penyusunan laporan Studi kasus, Situational Judgement Test (SJT), dan Pedagogical Content Knowledge (PCK). Laporan Studi kasus menjadi pembeda untuk pelaksanaan UKMPPG tahun ini dibandingkan tahun lalu.
Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta penguatan oleh dosen-dosen yang hadir dan guru pamong.

Pembuat berita: Junaidi, S.Pd., M.Si.

Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *