Categories:

Prodi Pendidikan Sosiologi mengadakan audiensi dengan Asesor BAN-PT, Prof. Dr. Idris, M.Si, Selasa, 14 Maret 2023. Audiensi yang diinisiasi oleh Pimpinan Departemen beserta Tim Re-akreditasi Unggul Program Studi Pendidikan Sosiologi diadakan dalam rangka koreksi dan pengecekan Laporan Evaluasi Diri (LED). LED merupakan salah satu elemen terpenting dalam melengkapi persyaratan pengajuan reakreditasi kelembagaan program studi, selain DKPS (Dokumen Kinerja Program Studi).

Diskusi dalam rangka pengecekan Laporan Evaluasi Diri (LED) Prodi Pendidikan Sosiologi

Ada pun kapasitas dan reputasi Prof. Dr. Idris, M.Si sudah tidak diragukan lagi, baik di skala UNP maupun nasional. Prof. Dr. Idris, M.Si diangkat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi UNP periode 2016 sampai sekarang (selama 2 periode). Selain bertugas di UNP, sejak Tahun 2013 sampai sekarang Prof. Dr. Idris, M.Si ditunjuk sebagai Asesor pada BAN-PT. Selain itu, sejak Tahun 2021 ia juga diangkat menjadi Asesor LAMEMBA dan sejak Tahun 2022 menjadi Asesor LAMDIK.

Gelar jabatan tertinggi di dunia akademis diraih oleh Prof. Idris sejak akhir 2022 lalu dan dikukuhkan sebagai Profesor bidang Ekonomi Lingkungan pada 24 Desember 2022 di Auditorium Universitas Negeri Padang. Pada Tahun 2004, Prof. Dr. Idris, M.Si menjabat sebagai kepada Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto dan Bulan Agustus Tahun 2008 diangkat menjadi Kepala Bappeda Kota Sawahlunto. Setelah itu, pada 2009, beliau memutuskan untuk fokus berkiprah di UNP.

Asesor BAN-PT Prof. Dr. Idris, M.Si. memberikan arahan terkait penyusunan LED Prodi pendidikan sosiologi

Lebih jauh, audiensi yang dihadiri oleh seluruh Dosen, Asisten Dosen dan Tenaga Kependidikan Prodi Pendidikan Sosiologi ini sangat urgen dan strategis, terutama dalam hal mensimulasikan apakah Prodi Pendidikan Sosiologi UNP memiliki potensi untuk meraih akreditasi unggul di tahun ini. Beranjak dari itu, kegiatan audiensi fokus mendalami kelengkapan data kuantitatif serta trik dan tips agar masing-masing komponen penilaian dapat mencapai angka optimal. Dalam arahan dan sarannya, Prof. Idris menyimpulkan agar setiap komponen penilaian diusahakan mencapai nilai maksimal sesuai dengan data capaian komprehensif dari setiap unsur yang ada dalam Prodi (dosen, mahasiswa dan tendik). Hal lain yang tidak kalah penting adalah aspek tata kelola, dokumen pendukung dan sisi konsistensi antara perencanaan dan realisasi capaian program kerja setiap tahunnya.

Diskusi lanjutan dalam pengecekan LED

Kepala Departemen, Dr. Eka Vidya Putra, M.Si mewakili jajaran pimpinan dan dewan dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi mengungkapkan terimakasih sebesar-besarnya atas kehadiran Prof. Dr. Idris, M.Si memfasilitasi audiensi yang berjalan hangat dan konstruktif serta diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab ini. Melalui arahan, kiat dan bimbingan dari Prof. Dr. Idris, M.Si, diharapkan ke depan Tim Reakreditasi semakin optimal membenahi kelengkapan seluruh data yang diperlukan. Ini merupakan salah satu upaya Prodi Pendidikan Sosiologi untuk mencapai kategori Unggul dalam proses reakreditasi Prodi pada Maret 2024.

Pembuat Berita : Mohammad Isa Gautama, S.Pd., M.Si.
Penyunting : Rhavy Ferdyan, S.Pd., M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *