Categories:

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Departemen Sosiologi UNP berhasil mendapatkan akreditasi SINTA peringkat 4 sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 230/E/KPT/2022, tanggal 30 Desember 2022 yang dikeluarkan pada 28 Maret 2023 lalu melalui pengumuman hasil akreditasi periode IV. Sebelumnya, Jurnal Perspektif mengajukan borang akreditasi pada bulan September 2022 dengan nilai evaluasi diri pada peringkat SINTA 3.
Persiapan pengajuan akreditasi sudah lama dilakukan mengingat jurnal perspektif adalah jurnal yang sudah berdiri sejak tahun 2018 dan sudah memfasilitasi penerbitan artikel mahasiswa tugas akhir pada bidang sosiologi. Persiapan akreditasi meliputi admisi pada sisi manajemen dan kualitas artikel.

Peringkat Akreditasi Jurnal Perspektif

Pengajuan akreditasi jurnal sempat memiliki beberapa perbaikan, namun segera direspon oleh tim akreditasi agar proses penilaian berlanjut selama lebih kurang 5 bulan. Tim penyusun borang langsung dipimpin oleh Editor in Chief Jurnal Perspektif yakni Dr. Delmira Syafrini, S.Sos., M.A.
Kepala Departemen Sosiologi Dr. Eka Vidya Putra, M.Si. menyampaikan “terimakasih banyak atas hasil yang diperoleh Jurnal Perspektif yang tidak lepas dari kerja keras tim redakasi, pengelola Labor, dan pimpinan, harapannya jurnal perspektif selalu sukses kedepannya”. Diraihnya peringkat akreditasi SINTA 4 merupakan langkah awal bagi Jurnal Perspektif untuk menjadi jurnal ilmiah yang berlevel nasional maupun internasional. Peringkat akreditasi yang diperoleh oleh Jurnal Perspektif menjadikan jumlah jurnal terakreditasi nasional pada departemen Sosiologi UNP juga bertambah. Sebelumnya sudah terdapat 2 jurnal yang terakreditasi nasional sejak tahun 2020 yakni Jurnal Socius dan Jurnal Abdi.

Pembuat Berita: Dr. Reno Fernandes, M.Pd.
Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *