Categories:

PADANG – Departemen Sosiologi mengikuti Worskhop Penyusunan Self Evaluation Report (SER) FIBAA klaster dua dan tiga, Selasa (20/6). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Fakultas Ilmu Sosial ini dibuka oleh Wakil Dekan Satu FIS UNP, Dr. Zikri Alhadi, M.A., dan Wakil Dekan Satu FBS UNP, Dr. Havid Arhadi, S.Pd., M.Hum

FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) adalah lembaga akreditasi yang bereputasi dan diakui secara internasional. Lembaga yang berbasis di Jerman ini adalah lembaga yang turut berupaya mengembangkan panduan penilaian dalam penjaminan mutu di bidang pendidikan tinggi. Olehnya, akreditasi FIBAA menjadi akreditasi yang menunjukkan bagaimana standar kualitas suatu program studi dan institusi pendidikan tinggi dalam upaya menyediakan pendidikan yang berkualitas.

Seturut dengan hal tersebut, di tahun 2023 ini, Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan akreditasi internasional FIBAA untuk beberapa Departemen, salah satunya adalah Departemen Sosiologi. Pada proses pelaksanaanya, FIBAA dibagi ke dalam beberapa klaster. Dalam hal ini, Departemen Sosiologi bersama dengan Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia, Departemen Bahasa dan Sastra Inggris, serta Departemen Sejarah tergabung ke dalam klaster dua.

Workshop SER FIBAA kali ini dilaksanakan untuk melanjutkan kerja Penyusunan SER FIBAA yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 2-5 Juni di Kampus Universitas Negeri Padang di Kabupaten Pesisir selatan. Lebih lanjut, pelaksanaan workshop ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi dokumen FIBAA yang dimiliki tiap departemen dari klaster 2 dan 3. Melalui workshop ini, satu per satu tim perwakilan dari beberapa departemen mempresentasikan dokumen SER FIBAA masing-masing.

Tim FIBAA Departemen Sosiologi Menyusun Dokumen SER

Berdasarkan presentasi yang dilakukan, tim Badan Penjamin Mutu Internal (BPMI) Universitas Negeri Padang pun memberikan arahan. Dalam hal ini, Tim BPMI secara konsisten bertugas memantau kinerja tiap tim departemen. Arahan berupa masukan dan ulasan terkait substansi dan lampiran yang diberikan Tim BPMI inilah yang akan digunakan untuk menindaklanjuti perbaikan pada dokumen masing-masing SER departemen. Perbaikan (revisi) dokumen SER tetap dilaksanakan berdasarkan pengelompokan kriteria (chapter). Selain untuk mempresentasikan dokumen SER FIBAA masing-masing, melalui workshop ini para peserta dari berbagai departemen juga dapat menyampaikan hal-hal yang dianggap perlu ditanyakan dan dikonfirmasi ulang. Hal ini guna meminimalisir kekeliruan dalam mengerjakan dan menyelesaikan dokumen SER FIBAA masing-masing.

Pembuat Berita: Lia Amelia, S.Sos., M.Si.
Penyunting: Ayu Adriyani, M.Sc.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *