Laboratorium Prodi Pendidikan Sosiologi secara langsung melancarkan program kerja di awal tahun 2025 ini dengan melakukan Upgrading terhadap para pengelola Jurnal se-Departemen Sosiologi, pada Selasa (21/1) bertempat di Laboratorium Sumber Belajar Departemen Sosiologi. Bentuk pertemuan dalam Upgrading yang dilakukan ini berupa Focus Group Discussion (FGD). Upgrading ini diadakan guna melakukan penyegaran pada dosen-dosen yang terlibat dalam pengelolaan jurnal ilmiah di Departemen Sosiologi, disamping menampung permasalahan yang ditemukan selama mengelola jurnal. Saat ini telah banyak tuntutan dan aturan-aturan terbaru dari mekanisme akreditasi jurnal terkait dengan pengelolaan jurnal yang sejatinya menghendaki peningkatan kualitas jurnal ilmiah pada institusi pendidikan. Kegiatan langsung dibuka oleh kepala Laboratorium Pendidikan Sosiologi Dr. Reno Fernandes, M.Pd. dan Dr. Delmira Syafrini, M.A. sebagai pengarah diskusi.
Sesi FGD ini secara detail menekankan bagaimana peran editor dan reviewer di jurnal ilmiah berjalan lebih maksimal lagi. Pengelola jurnal harus menjaga kembali bagaimana kualitas dokumen review yang dibuat agar memudahkan komunikasi dengan para penulis, baik penulis eksternal atau penulis internal kita mahasiswa/i Departemen Sosiologi. Kemudian dokumentasi hasil review tersebut sangat menunjang penilaian dalam akreditasi jurnal sebagai bukti kerja reviewer pada sebuah artikel. Para pereview diarahkan untuk melakukan pengecekan kelayakan tulisan berdasarkan panduan review yang disediakan oleh redaksi jurnal.
Diskusi berlangsung santai dan lancar, yang menyimpulkan bahwa peranan editor dan dan reviewer pada jurnal ilmiah Departemen Sosiologi harus terus ditingkatkan untuk menjaga kualitas jurnal yang dikelola. Tahun 2025 ini diharapkan jurnal ilmiah Departemen Sosiologi kembali mendapatkan pencapaian maksimal, terutama jurnal-jurnal yang mengajukan akreditasi dan re-akreditasi.
Pembuat Berita: Lia Amelia, S.Sos., M.Si.
Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.
No responses yet