Categories:

PADANG-Departemen Sosiologi menggandeng Trend Asia, The Society of Indonesia Environmental Journalist (SIEJ), Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCMM), Lembaga Bantuan Hukum Padang (LBH Padang), dan Forum Mahasiswa Mentawai (FORMMA) dalam pelaksanaan diskusi ilmiah dan pemutaran film dengan tema “Energi yang Menghidupkan Mentawai” pada Kamis (19/10) di Ruang laboratorium Sosiologi. Kegiatan ini menghadirkan 6 orang narasumber dari berbagai institusi antara lain; Khairul Fahmi – (Dosen Departemen Sosiologi UNP), Amalyareza – (Researcher Trend Asia), Jaka HB – (Koordinator Simpul Sumatera Barat SIEJ), Gerson Merari Saleleubaja – (Divisi Komunikasi dan Informasi YCMM), Diki Rafiqi (Koor. Advokasi LBH Padang), dan Yosafat Saumanuk (Wakil Ketua FORMMA Sumbar).

Kegiatan langsung dibuka oleh kepala Departemen Sosiologi, Dr. Delmira Syafrini, S.Sos., M.A. dan dihadiri oleh lebih kurang 50 orang mahasiswa dari departemen sosiologi UNP dan Universitas Andalas. Diskusi ini pada hakikatnya merupakan bentuk kelanjutan Kerjasama MoU antara Departemen Sosiologi dengan beberapa mitra seperti YCMM dan LBH Padang dengan memaparkan tentang persoalan pembangunan dan infrastruktur di Mentawai yang menuai pro dan kontra, yaitu pembangunan PLTBm (Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa) di Kepualauan Mentawai.

Dalam kegiatan diskusi Narasumber memaparkan ragam pendapat dan perspektif terhadap persoalan tersebut pada aspek hukum, ekonomi, hingga sosial budaya terkait persoalan PLTBm. Diskusi berjalan lancar dengan banyak tanggapan dan pertanyaan dari peserta setelah dilakukan pemutaran film.

Pembuat Berita: Nurlizawati, M.Pd.
Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *