Categories:

Summary International Guest Lecture with Dr. Jemma Purdey-“Connecting Trough Culture: Building Familiarity and Mutual Understanding Between Australians and Indonesians”- Disajikan dalam Bahasa Indonesia

Kebudayaan bukan hanya tentang tari tradisional, makanan, atau rangkaian acara pertunjukan. Yang terpenting, budaya adalah cara berpikir. Ini tentang pengetahuan dan kesadaran yang membentuk pemikiran dan gagasan yang melahirkan karya seni, karya sastra, buku, film dan apapun yang kita inginkan.

Mengenai pembentukan hubungan keakrabatan ada beberapa aspek yang menarik dari Indonesia menurut survei pada masyarakat Australia yang pertama yaitu dari segi kebudayaan, sejarah Indonesia, makanan, perekonomian Indonesia, destinasi wisata diluar bali, kerjasama perusahaan Indonesia dan Australia, politik, peluang bisnis bagi warga Australia di Indonesia, wisata di Bali, dan keberagaman agama di Indonesia. Adapun aspek menarik dari Austaralia menurut masyarakat Indonesia yaitu liburan di Australia, peluang bisnis bagi orang Indonesia di Australia, pendidikan di Autralia, kehidupan di Australia, dan kerjasama perusahaan Australia dan Indonesia, ekonomi, budaya, sejarah, pertanian, politik.

Adapun tantangan yang dihadapi dalam membangun keakraban kebudayaan Indonesia dan Australia yakni kesulitan dalam hubungan bilateral sebagian disebabkan oleh tidak adanya jenis interaksi sosial dan budaya yang dapat memberikan ruang bagi hubungan keakraban dan saling pengertian.

Namun pada perkembangan abad saat ini hubungan dapat terbentuk melalui adanya kemajuan teknologi yang dapat membangun keakraban antar negara Australia dan Indonesia yaitu melalui aplikasi seperti, netflix, instagram, facebook, dan saling aktif bertukar pikiran lintas negara. Film merupakan media yang memiliki pengaruh paling besar dalam menyatukan hubungan antar individu dan antar bangsa, dimana adanya kerjasama yang terjalin antar Australia dan Indonesia dalam mempromosikan pemahaman antar kedua negara.

Jadi pada era digital saat ini memberikan peluang antar negara untuk dapat membangun keakraban dan saling memahami melalui kegiatan yang menghubungkan antar negara seperti dalam kerjasama antar perusahaan, industri film, dan melalui platform dan media sosial.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *