Categories:

Ringkasan Materi Seminar Nasional Pendidikan Bersama Dr. Muhammad Iqbal – Transformasi Pendidikan untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045

Bonus demografi apakah sebuah musibah atau nikmat? Bonus demografi perlu disikapi dengan softskill. Tantangan kita kedepan adalah bagaimana sukses itu tidak hanya hardskill tetapi juga softskill. Salah satu Permasalahan generasi Z hari ini adalah bunuh diri, sehingga di Jepang misalnya disediakan salah satu hutan khusus bagi mereka yang ingin bunuh diri agar tidak mengganggu ketertiban umum.
Bonus demografi akan menjadikan usia produktif lebih banyak daripada usia non-produktif. Di negara timur rata-rata memiliki beban masalah dengan lansia. Sehingga di beberapa negara yang dahulunya membatasi anak, sekarang menginginkan untuk banyak anak. Namun tren hari ini Gen Z banyak yang tidak ingin menikah atau takut menikah bahkan tidak ingin memiliki anak (childfree).
Pandai saja tidak cukup, namun perlu adanya inovasi. Jika hari ini Gen Z tidak berwirausaha maka akan punah/miskin. Mindset yang harus diubah adalah mencari uang tidak perlu menunggu lulus studi, bisa mencari sefleksibel mungkin peluang kerja. Artinya berwirusaha harus dimulai sejak saat sekarang.
Permasalahan lainnya hari ini adalah anak muda atau generasi z hadir di ruang maya, tidak hadir di dunia nyata. Populer di ruang maya tapi tidak terkenal di dunia nyata. Media sosial menjadi alat penipu. Banyak orang down/depresi melihat kesenangan orang lain.
Sehingga resiko yang mengintai jika hanya aktif di dunia maya adalah rentan terpapar konten pornografi dan beresiko menelan mentah mentah konten atau informasi, sehingga akan memperoleh informasi yang belum saatnya didapatkan.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *