Categories:

Departemen Sosiologi melalui Laboratorium Prodi Pendidikan Sosiologi sukses melaksanakan Pelatihan Teknik Sitasi dan Manajemen Mendeley Batch 2 tahun 2024 untuk Mahasiswa, Selasa (25/6). Program ini merupakan agenda rutin Laboratorium Prodi Pendidikan Sosiologi setiap tahunnya, dimana Februari lalu sudah dilaksanakan untuk Batch 1.
Pelatihan yang bertempat di Laboratorium Inovasi Pembelajaran ini masih didamping oleh Dr. Reno Fernandes, Kepala Laboratorium Prodi Pendidikan Sosiologi yang juga sudah beberapa kali menjadi pelatih dalam program Mendeley ini. Kegiatan dihadiri lebih kurang oleh 30 orang mahasiswa, diutamakan mahasiswa tugas akhir periode Juni.
Era digital saat ini memang menuntut mahasiswa untuk aktif dalam penelusuran referensi namun tetap memperhatikan kaidah kaidah ilmiah ditengah arus digital dan ketersediaan artificial intelligence (AI). Melalui pelatihan ini mahasiswa diberikan kiat dalam menentukan referensi valid untuk menyusun artikel ilmiah, sumber-sumber yang relevan dalam penelitian ilmu sosial dan kependidikan, serta teknis dalam mengutip menggunakan aplikasi yang mumpuni seperti Mendeley. Keterampilan dalam menggunakan mendeley sangat diperlukan, sebagian besar jurnal ilmiah di Indonesia- Departemen Sosiologi khususnya mensyaratkan pengutipan menggunakan Mendeley. Pun mahasiswa tidak mempunyai aplikasi saat ini, pelatihan ini memfasilitasi mulai dari download aplikasi hingga penggunaan.
Diharapkan program ini memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam penulisan ilmiah dan menghargai hasil karya orang lain yang dikutip.

Pembuat berita: Dr. Ikhwan, M.Si.

Penyunting: Rhavy Ferdyan, M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *