Categories:

PADANG-Departemen Sosiologi melakukan kegiatan Sosiologi 101 dan Bootcomm dalam rangka orientasi mahasiswa baru tingkat departemen dengan tema kegiatan “101 menuju generasi yang kreatif, komunikatif, mandiri dan peduli sosial”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula labor FIS UNP pada tanggal 14 dan 15 oktober 2023 dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa Departemen Sosiologi. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dr. Delmira Syafrini, S.Sos., M.A selaku kepala Departemen Sosiologi. Harapannya dengan mengikuti kegiatan ini mahasiswa baru di Departemen Sosiologi memiliki kesiapan secara fisik maupun mental dalam mengikuti perkuliahannya sehingga perkuliahan yang dijalaninya memberikan hasil yang optimal.

Kegiatan di hari pertama, Sabtu 14 Oktober 2023 diperuntukkan untuk semua mahasiswa Departemen Sosiologi baik program studi Pendidikan Sosiologi maupun Ilmu Komunikasi. Rangkaian kegiatan ini memuat beberapa materi penting yang perlu diikuti oleh setiap mahasiswa baru. Pertama, materi yang difasilitatori oleh Khairul Fahmi, S.Sos., M.Si bersama tim Jemari Sekato dengan topik kepemimpinan dan manajemen organisasi. Kedua, dilanjutkan dengan topik etika akademik dan komunikasi yang disampaikan oleh Evelynd, S.I.Kom., M.Comm & M. Kemudian materi ketiga dengan topik mengenal identitas diri difasilitatori oleh Gusmira Wita, S.Pd., Gr., M.Pd. Tidak hanya itu, rangkaian kegiatan ini juga disertai dengan pengenalan HMS Sosiologi, Study Club Paradigma, Studi Club References, serta diberikan tawaran untuk pengembangan studi club berbasis keilmuan ilmu komunikasi kepada mahasiswa baru.

Kemudian, pada hari kedua Minggu 15 Oktober 2023 dilanjutkan dengan kegiatan yang khusus diikuti oleh mahasiswa prodi ilmu komunikasi. Kegiatan ini mengenalkan kepada mahasiswa konsentrasi yang akan mereka pilih nanti di semester 3, yaitu jurnalistik, public relation, dan manajemen komunikasi dengan menghadirkan tiga narasumber yang ahli dibidangnya.  Selain itu, mahasiswa ilmu komunikasi juga dibekali dengan materi tentang Onboarding, Zine, Film Dokumenter, Iklan, Re-Branding, dan Siaran radio oleh dosen-dosen muda Ilmu komunikasi. Rencananya rangkaian kegiatan ini akan dilanjutkan kembali pada minggu depan khusus untuk mahasiswa prodi Pendidikan Sosiologi yang akan diisi oleh dosen-dosen muda Pendidikan Sosiologi.

Pembuat Berita: Lia Amelia, S.Sos., M.Si.
Penyunting: Gusmira Wita, S.Pd.Gr., M.Pd.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *