Inovasi pembelajaran memiliki tujuan terwujudnya suatu proses pembelajaran yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan kompetensi, kemampuan, ketrampilan, serta daya saing siswa. Maka perlu adanya perubahan dalam orientasi pembelajaran agar bisa meningkatkan mutu atau kualitas pembelajaran. Kesadaran pentingnya melakukan perubahan orientasi pendidikan tersebut akan sekedar menjadi retorika apabila dalam pelaksanaan operasionalnya tidak diikuti dengan kemantapan strategi implementasi dalam hal ini pembelajaran.
Saat ini, program laboratorium inovasi pembelajaran antara lain:
1. Praktik pelaksanaan pembelajaran (Microteaching)
Kegiatan ini berisi tentang latihan keterampilan dasar mengajar dan mempraktekkan pembelajaran berlapis-berulang dengan berbagai metoda dan model pembelajaran dalam mata Pelajaran sosiologi SMA/MA secara mikro dan atau peer teaching yang diarahkan kepada kemampuan baik secara parsial maupun secara utuh (holistik).
2. Praktik perancangan inovasi pembelajaran
Kegiatan ini berisi tentang latihan menciptakan pembaharuan atau inovasi pembelajaran sosiologi dengan fokus pada penguasaan dan penerapan berbagai strategi, model, media dan bahan ajar pembelajaran yang cocok dengan karakteristik pembelajaran dan materi sosiologi.
3. Praktik penerapan model pembelajaran
Kegiatan ini berisi tentang peningkatan keterampilan menerapkan suatu model pembelajaran agar mahasiswa memiliki pemahaman mendalam tentang model-model pembelajaran.