Categories:

Departemen Sosiologi menyelenggarakan Program Arahan dan Bimbingan Karir (Arabika), Kamis (8/9). Kegiatan ini terdiri atas tiga kegiatan utama, yaitu Pelatihan Public Speaking, Sharing Session Peluang Beasiswa, dan Pelatihan Kewirausahaan. Mengangkat tema “Meningkatkan Potensi Diri untuk Memahami Masa Depan”, kegiatan ini dihadiri oleh calon wisudawan dan wisudawati Departemen Sosiologi.

Kegiatan yang diketuai oleh Annisa Citra Tryandra ini berangkat dari realitas bahwa masih banyak mahasiswa tingkat akhir yang kebingungan dalam menentukan kemana arah karir mereka setelah mereka lulus dari bangku perkuliahan. “Berdasarkan riset kecil-kecilan yang kami lakukan, banyak mahasiswa yang sebentar lagi lulus justru tidak memiliki bayangan sama sekali mengenai dunia kerja yang akan mereka hadapi kedepannya,” Ungkap Annisa yang juga merupakan dosen Departemen Sosiologi. Menurutnya, tidak sedikit mahasiswa yang cenderung pasif dalam mencari informasi terkait keterampilan-keterampilan apa saja yang sekiranya mereka butuhkan saat memasuki dunia kerja.

Kegiatan yang menyasar calon wisudawan ini, sebenarnya bukanlah program yang baru pertama kali dijalankan oleh departemen. Namun, program serupa pada akhirnya melewati tahap evaluasi untuk dilakukan beragam pengembangan. Sehingga, materi yang disampaikan di dalam Program Arabika ini adalah materi yang lahir dari riset kebutuhan calon wisudawan itu sendiri. “Kegiatan ini adalah kegiatan yang penting untuk diikuti oleh para mahasiswa yang sebentar lagi lulus dan memasuki dunia yang jauh berbeda dari yang dilihat dan dirasakan selama menjadi mahasiswa,” Ungkap Desy Mardhiah selaku Ketua Labor Departemen Sosiologi saat membuka acara.

Program ini turut dihadiri pula oleh Erda Fitriani selaku Sekretaris Departemen dan juga dosen-dosen Departemen Sosiologi lainnya. Sebagai pembicara, Program Arabika menghadirkan Nindy Rahmatul Asro yang memfasilitasi pada materi Public Speaking. Nindy adalah seorang profesional public speaker dan juga Founder @sudutpsikologi.id. Sementara itu, pada kegiatan Sharing Session Peluang Beasiswa mengundang, Program Arabika menghadirkan Ika Sandra yang merupakan Awardee LPDP Uppsala University, Swedia.

Dihadapan para peserta program, Nindy memberikan banyak informasi, sekaligus motivasi. “Kunci dari sebuah suksesnya publik speaking itu ada 6L yaitu latihan, latihan, latihan lagi-lagi latihan,” Ucapnya.

Hal ini seturut dengan apa yang disampaikan Ika Sandra yang merupakan fasilitator kedua dalam program ini. “Apabila ingin melanjutkan studi, maka perlu persiapan diri yang matang, mulai dari menentukan tujuan, menemukan jaringan terbaik, menelusuri perguruan tinggi yang dituju, dan tentu saja daftar! Daftar! Daftar! Adalah hal yang amat penting,” tegasnya.

Selanjutnya, Program Arabika masih akan berlanjut pada tanggal 13 September guna menyajikan pelatihan kewirausahaan untuk para calon wisudawan Departemen Sosiologi. (RLS-AC)

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *