MENUJU JURNAL TERAKREDITAS NASIONAL: WORKSHOP PENGEMBANGAN JURNAL OLEH REDAKSI JURNAL SOCIUS JURUSAN SOSIOLOGI FIS UNP

Dalam rangka menuju terakreditasi nasional SINTA, Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education bersama Jurnal Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat menggelar Workshop dengan tema “Pengembangan Jurnal dan Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Internasional” pada 5 Oktober 2019 lalu di Whiz Prime Hotel Padang. Jurnal Socius sudah melakukan terbitan secara online sejak tahun 2017 dan sudah berjalan 2 tahun, sehingga saat ini tengah diajukan akreditasi SINTA.

Workshop  yang dihadiri oleh dua orang narasumber yang sangat ahli dalam bidangnya yakni Ikhwan Arief, ST., M.Sc. (Ambasador DOAJ) dan Prof. Dr. rer soz Nursyirwan Effendi yang keduanya berasal dari Universitas Andalas. Kegiatan ini diikuti oleh editorial tim pada Jurnal Socius dan Jurnal Abdi, dosen-dosen Jurusan Sosiologi dan beberapa pengelola jurnal yang ada di lingkungan FIS UNP. Kegiatan langsung dibuka oleh Wakil Dekan 1 FIS UNP Afriva Khaidir, SH., M.Hum., MAPA., Ph.D. “Publikasi ilmiah melalui Jurnal merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan rating Universitas, sehingga diharapkan dosen-dosen dapat menulis dan menghasilkan publikasi-publikasi ilmiah yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan”.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pelatihan pengelolaan dan manajemen Jurnal terkait dengan setting Open Journal system (OJS) yang digunakan sekarang oleh Jurnal Socius dan Jurnal Abdi, tugas editor, tugas reviewer, dan penulisan artikel ilmiah bereputasi internasional yang baik dan benar. Saat ini Jurusan Sosiologi melalui Labor Jurusan Sosiologi mengelola lima (5) Jurnal ilmiah yakni Jurnal Socius, Jurnal Abdi, Jurnal Perspektif, Jurnal Sikola, dan Culture & Society. Dari lima Jurnal tersebut dua diantaranya mendapatkan bantuan hibah dari UNP yakni Jurnal Socius dan Jurnal Abdi. Melalui kegiatan ini diharapkan pengelolaan jurnal di Jurusan Sosiologi FIS UNP mengalami pengembangan dan peningkatan serta totalitas menggunakan daring (OJS) yang telah disediakan, memperoleh akreditasi nasional SINTA, dan terindeks oleh pengindeks yang bereputasi seperti DOAJ.

Pimpinan Fakultas

pimpinan.gif

Jurnal Socius

080357
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
116
116
852
78092
2655
7097
80357

Your IP: 3.91.106.44
2019-11-13 18:28
English French German Italian Portuguese Russian Spanish